Penipuan Lowongan kerja PT Pegadaian Tahun 2024

Halo teman-teman cerita kali ini datang dari pengalaman pribadi saat saya melamar lowongan pekerjaan di situs yang palsu. Pengalaman ini pastinya sangat penting sekali untuk saya ceritakan disini karena akan sangat bermanfaat bagi kalian semua khususnya untuk teman-teman yang saat ini sedang mencari lowongan pekerjaan di situs-situs online.

Awal mula saya melamar di situs penipuan itu diakibatkan karena saya merupakan salah satu dari sekian banyaknya pengangguran atau bisa dibilang bulusan baru maka saya berusaha untuk mencari informasi lowongan pekerjaan yang ada di situs-situs online. 

Ada banyak lowongan yang saya temui di sana contohnya di situs jobstreet.co.id dan kitalulus. namun tidak semua lowongan yang di tawarkan itu sesuai kualifikasi saya sehingga saya hanya melamar di beberapa lowongan yang memenuhi kualifikasi tapi untuk menunggu hasil seleksi administrasi memang cukup lama sampai saat cerita pengalaman ini ditulis juga belum ada tanda tanda dari pihak HRD.

Karena cukup lama menunggu, saya memutuskan untuk mencari lowongan dari situs-situs lain di google. Namun sayangnya saya ketemu dengan situs penipuan yang saya sedang bahas di cerita ini yaitu situs rekrutmen-pegadaian.kim.

Setelah saya membuka situs tersebut, saya melihat dan membaca banyak lowongan mulai dari berbagai posisi yang di tawarkan dan posisi penempatannya juga terdiri dari berbagai macam lokasi daerah. Ketika saya membaca lagi kriteria dan persyaratan saya langsung tertarik karena hampir 95% saya memenuhi kualifikasi yang mereka tawarkan.

Karena tergoda dengan posisi dan lokasi yang di tawarkan maka Tanpa menunggu lama saya langsung mempersiapkan berkas dalam bentuk pdf dan langsung kirim lamaran (apply). Posisi yang saya lamar adalah sebagai staf administrasi dengan penempatan di Papua pegunungan.

Setelah pengiriman lamaran pada tanggal 16 Juli 2024 saya menunggu selamah 1 Minggu dan tepat pada tanggal 23 juli 2024 saya mendapatkan notifikasi email dari PT Pegadaian. Isi judul email-nya adalah undangan panggilan tes interview. 

Ketika saya membuka lagi undangan tersebut didalamnya saya melihat dan membaca daftar nama-nama yang akan ikut tes interview yang memang sudah di bagi ke berapa kelompok. Dimana 1 kelompok ini terdiri dari 10 orang.

Setelah daftar nama-nama di bawahnya lagi mereka menulis kewajiban peserta dalam mengikuti tes interview. di bawah ini adalah gambar teksnya;.


Yang membuat saya bingung dan tidak percaya pada lowongan kerja yang di tawarkan adalah Dari poin c bagian 4 dan 5. Di mana mereka mewajibkan peserta tes interview untuk menginstal aplikasi zoom milik mereka dengan biaya sebesar Rp285.000.

Dalam diri saya berpikir bahwa biasanya jika perusahaan besar milik BUMN seperti PT Pegadaian tidak mungkin menyuruh peserta seleksi untuk instal aplikasi zoom dengan biaya seperti itu. Ketika itu saya langsung mempunyai ide untuk mencari tahu di Google.


Setelah saya searching di google dengan kata kunci lowongan kerja PT Pegadaian akhirnya disana muncul 2 situs yang namanya hampir sama mirip yaitu; pertama, Situs: www.rekrutmen-pegadaian.kim.
sedangkan yang kedua adalah situs: www.pegadaian.co.id.

Situs pertama itu adalah situs dimana saya menemukan lowongan dan melamarnya. Sedangkan situs kedua itu adalah situs resmi milik PT Pegadaian Indonesia. Sehingga situs kedua itu saya gunakan untuk mencari tahu kebenaran lowongan yang saya lamar.

Setelah masuk di halaman beranda situs www.pegadaian.co.id saya langsung melihat sebuah icon gambar WhatsApp. di mana saya langsung mengklik icon WhatsApp tersebut untuk berinteraksi dengan tim Pegadaian. Disana saya langsung menyapa dan bertanya “apakah informasi lowongan yang ada di situs rekrutmen-pegadaian.kim itu salah atau benar dari pihak PT Pegadaian?”.

Lalu mereka menjawabnya “untuk mengecek lowongan kerja hanya dapat di lakukan di www.pegadaian.co.id/karir”,

Maka saya bertanya lagi “berarti info lowongan di situs rekrutmen-pegadaian.kim itu palsu ya?”.

Dan mereka menjawab lagi “benar bapak pegadaian tidak pernah memungut biaya apapun terkait penerimaan calon karyawan baru ya”.

Lalu saya memberikan masukan agar situs tersebut dapat di usut tuntas agar tidak memakan banyak korban orang. Dan mereka menerima saran saya dengan akan koordinasi kan dengan tim terkait agar situs tersebut ditinjak lanjuti.

Dari hasil komunikasi langsung dengan pihak Pegadaian tersebut saya mempercayai bahwa situs www.rekrutmen-pegadaian.kim adalah situs penipuan.

Di bawah ini adalah bukti screenshot hasil komunikasi chat dengan pihak PT Pegadaian Indonesia.


Jadi untuk teman-teman semua kita bisa ambil pelajaran berharga dari pengalaman ini yaitu kalian yang sedang mencari lowongan kerja di situs online bisa lebih berhati hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti saya. Untuk lebih jelasnya saya sudah uraikan dengan gambar secara detail tentang pengalaman ini di channel YouTube Onelack Ndawe TV silakan kalian nonton di sana.

Cukup seperti itu saja cerita pengalaman Saya tentang penipuan lowongan kerja PT Pegadaian. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih!

Penulis cerita: Rio Wenda (Onelack Ndawe)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama